Kenali Tahapan Perkembangan Anak Untuk Calon Orang Tua

By | January 25, 2020
Spread the love

Menjadi orang tua adalah salah satu tahap baru yang sering kali membuat para calon orang tua merasa khawatir atau bahkan takut. Tidak hanya pusing mencari info tentang mengurus anak yang bercampur dengan masalah pekerjaan, banyak pengetahuan mengenai tahapan perkembangan anak yang harus dipelajari sebelum menjadi orang tua yang sesungguhnya. Dalam perkembangannya, setiap anak memang memiliki tahapan yang berbeda. Akan tetapi, secara umum, mereka memiliki urutan yang hampir sama pada setiap bulan seiring bertambahnya usia anak.

Kenali 4 Hal Penting Ini

Ada banyak sumber informasi yang kini tersedia agar para orang tua bisa belajar memahami perkembangan anak. Dari mulai berbagai buku parenting yang banyak tersedia di toko buku, informasi dari website atau blog, hingga penjelasan dari para ahli di media televisi atau YouTube. Ada banyak sumber yang bisa dijadikan panutan dalam mempelajari perkembangan anak. Apalagi sekarang, informasi dan pengetahuan sudah sangat mudah diakses tidak seperti dulu.

Bahkan, untuk yang lebih jelas dan nyata, calon orang tua bisa berkonsultasi dengan sesama orang tua yang sudah pernah memiliki anak sebelumnya. Informasi ini lebih nyata dan bisa didapatkan langsung dan gratis. Mengapa orang tua harus mengerti perkembangan anak? Berikut akan dijelaskan ulasannya, mari kita kenali 4 hal penting alasannya:

  1. Sebagai Persiapan Teori Sebelum Menjalankan Praktek

Tidak hanya dalam membuat sebuah penelitian saja, teori juga dibutuhkan sebelum menjalankan praktek nyata sebagai orang tua. Teori ini berguna agar calon orang tua mengerti apa-apa saja yang dibutuhkan saat anak berada di usia sekian. Kemudian, mereka juga bisa tahu apa yang harus dilakukan saat anaknya menangis tak kunjung henti. Persiapan ini bisa dijadikan sebagai senjata saat mereka mengalami hal demikian. Meskipun terkadang teori tidak selalu sama dengan praktek, setidaknya calon orang tua mengetahui dasarnya terlebih dahulu daripada tidak mengerti sama sekali.

  1. Agar Tidak Salah Merawat Anak Sesuai Dengan Usia Mereka

Usia batita adalah usia dimana orang tua harus sangat hati-hati dalam memberikan perawatan kepada anak-anaknya. Mereka harus tahu apa yang harus mereka berikan saat usia bayi memasuki usia 6 bulan, 12 bulan, hingga 3 tahun. Saat bayi berusia 6 bulan, ini adalah masa-masa mereka mulai membutuhkan mpasi atau makanan pendamping air susu ibu. Orang tua sangat tidak dianjurkan untuk memberikan makanan sebelum usia 6 bulan dikarenakan sistem pencernaan yang belum sempurna. Inilah alasan mengapa orang tua harus mengenal tahapan perkembangan anak.

  1. Memperbaiki Kekurangan Orang Tua Dalam Membesarkan Anak

Dalam perkembangannya, ada saat-saat ketika anak tidak bisa menunjukkan perkembangan yang pesat dan signifikan. Meskipun faktor internal seperti gen atau faktor bawaan yang memang tidak bisa diubah, faktor eksternal seperti cara perawatan orang tua juga berpengaruh dalam perkembangan anak. Saat orang tua terlalu khawatir anaknya sakit, kadang mereka terlalu over-protektif dengan tidak membiarkan anaknya bermain dengan teman seusianya. Alhasil, aktivitas anak pun terbatas hanya berada di dalam rumah dan tidak terlalu banyak melakukan aktivitas fisik. Kurangnya aktivitas fisik membuat anak cepat lelah, dan daya tahan yang kurang bagus, Oleh sebab itu, maka penting bagi orang tua untuk memperbaiki cara asuh mereka. Saat anak jatuh sakit karena orang tua membatasi mereka, maka mereka perlu mengubahnya agar sesuai dengan tahapan perkembangan anak baik secara fisik maupun mental.